Bagaimana performa website Anda? Sudahkah mendapatkan hasil yang memuaskan? Jika Anda masih belum mencapai target yang Anda inginkan, mungkin ada baiknya Anda mulai belajar SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat website Anda. Jangan biarkan tahun baru berlalu tanpa menghasilkan kesuksesan yang lebih dibandingkan tahun sebelumnya!

Apa yang harus saya lakukan?

Google saat ini lebih pintar daripada sebelumnya. Dulu, kita bisa menggunakan akalakalan SEO untuk meraih peringkat atas. Tetapi sekarang hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan karena Google lebih mementingkan user experience dan user engagement. 

“Google only loves you when everyone else loves you first.”  — Wendy Piersall
Jadi, lupakanlah jurus akal-akalan yang dulu sering Anda gunakan untuk mengakali peringkat website Anda. Karena selain sia-sia, bukan tidak mungkin justru website Anda akan mendapatkan “hukuman” dari Google. Jadi, mulailah memperhatikan apa yang Anda sajikan kepada pengunjung website Anda. 

1. Berikan Solusi yang  Relevan pada Konten Anda

“Apa yang banyak dicari orang? SOLUSI yang relevan!”

Kebanyakan orang mencari informasi di internet karena mereka butuh mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Manfaatkan hal ini! Tulis artikelartikel maupun konten-konten relevan.  
Coba Tingkatkan Konten yang Sesuai Target Pasar 

Cara Meningkatkan Rangking Blog
Panduan SEO

2. Gunakan katakata yang natural 

Anda mengejar target SEO dengan artikel yang serampangan dan cenderung
mengakali algoritma Google? Tidak mungkin!

“Bangun website untuk pengguna internet bukan untuk spider”- Dave Naylor
Saat ini hal itu tidak lagi bisa digunakan karena Google semakin canggih. Google
akan tahu mana situs-situs yang memang mengandung informasi yang bagus buat
pengunjungnya atau hanya situs-situs yang penuh dengan konten “sampah”.

Untuk itu, perhatikan cara penulisan artikel Anda. Gunakan alur pembahasan yang
runtut dan masuk akal dengan bahasa yang natural. Anda akan mendapatkan dua
keuntungan sekaligus: pengunjung website dan Google akan sama-sama
menyukainya!

3. Segmentasi Halaman

Cara Meningkatkan Rangking Blog
Segmentasi halaman
Hindari penggunaan footer dan sidebar untuk konten yang penting. Jangan cobacoba menggunakan trik untuk mengakali mesin pencari dengan trik CSS atau
JavaScript. Tempatkan konten-konten yang penting pada tempat yang paling mudah
dilihat pembaca.

Mengapa segmentasi halaman penting?

Karena dimana Anda akan meletakkan kata-kata pada sebuah halaman adalah
sama pentingnya dengan penggunaan kata tersebut.

Setiap halaman website memiliki bagian-bagian yang berbeda: header, footer,
sidebar, dan lain-lain. Sudah sejak lama, mesin pencari menentukan bahwa bagian
terpenting dari sebuah website berada di bagian main body.

Konten yang diletakkan pada bagian main body (tengah) akan dianggap oleh Google
sebagai konten utama (yang penting) sedangkan teks yang ada pada tempat lain adalah pendukung. Jadi pastikan bahwa Anda meletakkan konten utama Anda pada
main body.
Contoh:
Halaman friendly

4. Perhatikan Struktur Konten Anda

Jangan abaikan struktur konten Anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel
dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari bisa mengerti apa sebenarnya
target topik Anda. Sebuah website profesional memiliki struktur yang baik meliputi
judul topik, bagian pendahuluan, dan kesimpulan yang dibuat dengan susunan
paragraf dan tata letak yang baik.

Selain struktur konten, Anda juga harus memperhatikan struktur website secara
keseluruhan seperti yang terdapat pada keterangan di bawah ini:
Web seo friendly

5. Riset Kata Kunci

Hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja dalam optimasi SEO adalah riset kata kunci.
Meskipun kata kunci saja tidak cukup kuat untuk membangun pondasi konten Anda. Semua hal yang berkaitan dengan SEO dimulai dari riset kata kunci yang baik.

Anda harus mengetahui kata yang jadi target, popularitas, dan persaingan pada kata kunci tersebut (Tips: Gunakan Google Keyword Planner).

6. Lakukan Riset Kata Kunci yang Terkait dengan Topik / Tema
Konten

Hindari melakukan riset hanya dengan menggunakan satu kata kunci saja. Lakukan riset kata kunci dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan topik dan tema dari target kata kunci pilihan Anda. Dalam riset tersebut, gunakan juga kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci pilihan Anda.

Bagaimana cara mengetahui kata kunci sekunder yang bisa Anda pakai?

Perhatikan kata-kata apa saja yang orang-orang gunakan ketika membicarakan tentang topik Anda? Selain kata-kata, frasa dan ungkapan apa saja yang mereka gunakan? Ada baiknya juga Anda menggunakan sinonim dari kata kunci target Anda untuk memperkaya konten Anda.

Dengan lebih dari 6 juta pencarian setiap hari, Google memiliki banyak sekali
informasi yang membutuhkan analisa tentang apa yang sebenarnya dicari. Menurut
riset Google, sinonim memiliki efektivitas 70% dalam pencarian.

Untuk mengatasi masalah ini, mesin pencari menggunakan sinonim dan variasi kata
untuk jutaan frasa untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs Anda
meskipun pengguna internet menggunakan kata yang berbeda. Sebagai contoh, jika
kata kunci Anda adalah baju anak maka Anda bisa menggunakan variasi berikut ini:
• baju anak-anak •baju balita • pakaian anak •pakaian anak-anak


Bersambung........................
Sumber: https://www.niagahoster.co.id/ebook

Post a Comment